RSS

Bagaimana Shalat Wajib di Daerah yang Siang atau Malamnya Sangat Panjang?

01 Mei

Syaikh Abdul Aziz bin Abdulloh bin Baz ditanya dengan pertanyaan tentang permasalahan shalat.

Pertanyaan;

Pada sebagian wilayah terdapat siang atau malam yang berlalu dalam waktu yang lama, ada juga yang berlalu sangat singkat sekali sehingga tidak cukup waktu untuk melakukan shalat yang lima waktu, bagaimana penduduk tersebut melakukan shalat?

Jawab;

Merupakan kewajiban bagi penduduk suatu daerah yang siang atau malamnya sangat panjang untuk melakukan shalat lima waktu berdasarkan perkiraan, jika disana tidak terdapat tergelincir atau terbenamnya matahari dalam jangka waktu dua puluh empat jam. Terdapat riwayat yang shahih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdasarkan hadits Nawwas bin Sum’an Al Mukharraj dalam shahih Muslim tentang hari pada saat datangnya Dajjal yang digambarkan bagaikan setahun, Sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang hal tersebut, maka beliau bersabda; “Perkirakanlah ukuran (waktunya)” demikian pula dengan hari yang keduanya , yaitu sehari bagaikan sebulan. Demikian pula yang seharinya bagaikan seminggu. Adapun wilayah yang siangnya sangat pendek atau siangnya sangat panjang atau sebaliknya maka hukumnya jelas, yaitu mereka shalat sebagaimana pada hari-hari umumnya. Meskipun siang atau malamnya sangat pendek berdasarkan umumnya dalil.

(diambil dari buku “Fatwa-Fatwa Penting Tentang Shalat” oleh: Syaikh Abdul Aziz bin Abdulloh bin Baz, Penerjemah: Abdullah Haidir, Penerbit: Darul Faiziina Lin Nasyr, diketik ulang oleh Abu ‘Utsman Agus Waluyo)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 1, 2012 in Fatwa-Fatwa Ulama

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: